Tips Pintar Memilih Asuransi Mobil

Diposting oleh Admin


Anda sedang mencari dan bingung memilih asuransi mobil ?, mungkin tips dibawah ini bisa sedikit menjadi pertimbangan tidak lupa saya lampirkan informasi / penawaran asuransi mobil untuk dapat ibu/bapak pelajari:


1. Quality:
Pastikan terlebih dahulu asuransi yang akan diipilih termasuk katagori asuransi yang sudah mendapat prediket Best General Insurance, Indonesian Best Brand Award, Indonsian Customer Satisfaction Award. Karena dengan sertifikasi ini sudah jelas menunjukan bahwa asuransi tersebut handal, terpercaya, dan terbukti bertanggung jawab dalam melayani claim pelanggannya.

2. Biaya Own Risk (Resiko Sendiri):
Kadang-kadang bulak-balik ke bengkel asuransi juga merupakan sesuatu yang membuat malas pelanggan, apalagi beberapa asuransi menerapkan sistem claim dengan pembayaran biaya OR (Own Risk) atau resiko sendirinya yang rata-rata Rp.200.000.- ada yang berdasarkan per kejadian, per benturan, dan sebagainya tentu hal ini membuat anda terbebani dengan harus banyak mengeluarkan biaya claim untuk membayar OR bila sering bulak-balik ke bengkel asuransi yang belum tentu hasil pekerjaan bengkelnya memuaskan pelanggan karena dikerjakan oleh bengkel yang ecek-ecek atau non-authorized.

3. Proses Klaim:
Saat proses klaim ke asuransi sebaiknya dicermati terlebih dahulu, ada beberapa asuransi mobil yang waktu menerima proses claim pelanggan berbelit-belit sekali harus ini lah harus itu lah tunggu surveyornya siap lah, kadang harus berdebat dulu lah saat disurvey. Belum kadang-kadang perlu waktu beberapa hari hanya untuk menunggu SPK (Surat Perintah Kerja) yang dikeluarkan pihak asuransi agar pihak bengkel bisa memperbaiki mobil kita. Hal-hal seperti ini kadang-kadang pelanggan merasa disepelekan dan banyak waktu tebuang hanya untuk menunggu secarik kertas/surat. Tinggalkan proses seperti ini yang sudah kuno, sebaiknya pilih asuransi yang tidak rumit saat claim, cepat kurang dari 30 menit SPK sudah di tangan anda sehingga anda tinggal menenetukan kapan ke bengkel asuransi.

4. Hasil Kerja:
Banyak beberapa asuransi yang menerapkan rate murah meriah, tapi untuk apa bila hasil kerja bengkel rekanannya sangat tidak bermutu alias ecek-ecek dan tidak memuaskan pelanggan. Kadang cat mobil anda terlihat malah belang betong membuat image body mobil anda seolah-olah pernah tabrakan dahsyat tentu ini membuat nilai jual mobil anda merosot. Walaupun customer bisa complain ke asuransi tersebut, tapi berapa lama kerugian waktu anda terbuang. Cermati hal ini dan pilih asuransi dengan bengkel rekanannya yang terpercaya dan resmi (authorized). Ingat kendaraan anda adalah asset yang berharga, jangan sepelekan dengan menggunakan asuransi yang meragukan pelayanannya hanya karena perbedaan harga premi beberapa rupiah saja

5. Spare Parts (Suku Cadang):
Spare parts adalah bagian yang terpenting di mobil anda, pastikan asuransi menjamin spare part yang dipakai asli dan bergaransi. Hati-hati dengan asuransi yang tidak menjamin ini sehingga fatal akibatnya.

6. Tanggung Jawab Pihak Ke-Tiga (TJH / TPL) serta PA (Personal Accident):
Fitur ini semestinya dicermati baik-baik karena saat kejadian kecelakaan tabrakan contoh menabrak motor kadang – kadang pihak ke-3 malah jauh lebih berat kerusakannya dari kita. Disini peran fitur ini dipelukan, sebaiknya pilih asuransi dengan tanggung jawab pihak ke tiga yang besar sehingga anda tidak tebebebani biaya extra. Begitu juga dengan fitur perlindungan kecelakaan diri pengemudi/penumpang hal ini juga sangat dibutuhkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk dengan fitur ini.

7. Layanan Gratis Perlindungan 24 Jam:
Hal ini yang sangat-sangat penting saat kita memilih asuransi mobil, banyak asuransi mobil yang hanya mengandalkan dan memberikan rate murah meriah saja tapi pelayanan perlindungannya sangat tidak memuaskan, pelayanan tidak 24 jam, no telpon pelayanan sulit dihubungi malah kadang tidak ada yang jawab, kadang-kadang area perlindungannya juga sangat terbatas sekali kadang malah hanya area Jabotabek saja. Keluar dari Jabotabek anda bisa ketar-ketir bila ada masalah dengan mobil anda seperti mogok di jalan raya karena ban kempes, perlu derek, kunci ketinggalan di dalam mobil, kehabisan bahan bakar, dsb. Tinggalkan kekhawatiran ini, pilih asuransi dengan kesiagaan 24 jam dan area perlindungannya luas se-Indonesia.


8. SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion – Kerusuhan, Pemogokan dan Huru Hara & Banjir ):
Fitur asuransi ini sangat direkomendasikan yang dapat menjamin risiko akibat adanya gangguan ketertiban umum yang dilakukan oleh sekelompok orang, serta tindakan pejabat berwenang dalam menindak gangguan tersebut, baik yang berhubungan dengan pemogokan dan penghalangan bekerja, dan menanggung kerusuhan sipil yang bemotif politik. Juga perluasan asuransi menjamin kerugian yang diakibatkan oleh air yang melimpah keluar dari batas normal air sungai, danau, rawa, jebolnya pintu air, jebolnya bendungan, hujan yang terus menerus yang tidak dapat ditampung oleh saluran air. Kerusakan karena banjir ini meliputi kerusakan pada interior, eksterior, panel dashboard, mekanikal, elektrikal dan kerusakan lainnya atas kendaraan bemotor yang dipertanggungkan. Pilih asuransi yang sudah termasuk fitur ini.

9. Fleksibel Dalam Pembayaran:
Pilih asuransi mobil yang pembayaran preminya flexibel, dapat dilakukan dengan cash, transfer, atau kartu kredit (Visa / Mastercard).

Inilah Perawatan Mobil Yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Diposting oleh Admin

Berikut ini adalah perawatan mobiluntuk hal-hal kecil yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan mekanik:


Cek Tekanan dan Isi Angin Ban:
Waktu: 15 menit, satu bulan sekali
Spare Part: Tidak ada

Peralatan: pengukur tekanan ban, pompa angin (biasanya banyak tersedia di SPBU)
Menjaga ban mobil Anda terisi angin dengan tekanan yang pas sangatlah penting untuk tiga alasan, yakni meningkatkan keselamatan selama mengendarai mobil (kendali mobil Anda akan lebih baik pada saat pengereman mendadak dan belok). Anda tidak akan pernah menyadari tekanan ban hingga Anda melakukan pengereman mendadak atau membanting setir di jalanan. Anda akan merasakan itu ketika tekanan ban Anda kurang dan itu mempengaruhi performa mobil Anda. Banyak kasus kecelakaan terjadi hanya karena ban kempes, tidak mau kan mengalamikecelakaan hanya karena permasalahan sepele ini.

Anda cukup menggunakan pengukur tekanan ban yang dapat Anda beli bengkel-bengkel. Dan Anda dapat menambah tekanan ban Anda di SPBU yang memberikan layanan gratis untuk pengisian angin ban. Pastikan juga bahwa Anda telah mengetahui berapa tekanan ban yang cocok untuk mobil dan jumlah orang yang biasa berada di mobil Anda.

Merotasi Letak Ban
Waktu: 1 Jam
Spare Part: Tidak Ada
Peralatan: Dongkrak dan kunci pas
Mengapa perlu merotasi letak ban? Dua ban depan seringkali lebih cepat tipis dibandingkan dengan ban belakang karena pengereman dan belok arah mempengaruhinya. Dengan merotasi letak ban, Anda dapat memastikan bahwa kedua ban tersebut tidak perlu penggantian segera. Selain itu, ketika Anda melakukan rotasi sendiri, Anda dapat dengan jelas meneliti ban apakah ada kerusakan atau keausan. Mungkin juga Anda akan mendapati paku yang nempel di ban.

Bagaimana caranya? Untuk memastikan apakah Anda merotasi dengan benar, ada baiknya melihat buku panduan mobil yang menjelaskan tentang pola rotasi letak ban dengan benar.

Mengganti Filter Angin
Waktu: 5 menit
Spare part: Filter angin baru
Peralatan: Obeng

Mekanik bengkel dengan cepat dapat mengganti filter angin dan sangat menguntungkan karena biasanya bengkel memberikan harga yang lebih tinggi. Mengganti filter angin yang hanya membutuhkan waktu singkat, 5 menit, dapat menghilangkan kotoran di mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pada area-area yang banyak terdapat kotoran, gantilah filter tersebut lebih sering dibandingkan dengan yang lain. Jika Anda mempelajari dimana letak dan bagaimana mengganti filter, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk memperpanjang daya tahan mesin Anda.
  

Mengganti Lampu dan Sekering
Waktu: 30 menit
Spare part: Lampu dan sekering pengganti (biasanya dijual dalam box berbagai ukuran)
Peralatan: Obeng

Lampu depan dan belakang merupakan item keselamatan yang penting. Tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengganti lampu dan/atau sekering, tapi apa Anda benar-benar mau repot-repot ke bengkel? Bila ke bengkel, Anda harus menunggu dan mungkin harus membayar 50 persen lebih mahal untuk penggantian tersebut. Jadi ada baiknya Anda membeli sendiri lampu atau sekering di toko otomotif, lalu lakukan penggantian sendiri.

Bagian tersulit dalam mengganti lampu depan atau belakang adalah mengambil lampu. Lihat petunjuknya dan pahami terlebih dahulu. Sedangkan untuk meraih kompartmen sekering lebih mudah. Untuk mendapatkan sekering yang tepat, Anda perlu untuk melihat bagan elektronik di buku petunjuk.
  
Mengganti Oli Mobil
Waktu: 1 (satu) jam
Spare part: Oli mesin, filter oli.
Peralatan: Dongkrak, wadah untuk oli bekas, kunci pas, kanebo atau lap.

Dengan mengganti oli mobil sendiri, Anda telah menghemat pengeluaran untuk salah satu hal yang sering dilakukan upsell di bengkel. Penggantian oli mobil memang membutuhkan pengetahuan yang agak lebih dibandingkan dengan perbaikan mobil yang ada dalam daftar ini. OLeh karena itu ada baiknya Anda ditemani minimal dengan orang yang sudah mempunyai pengetahuan sedikit tentang mobil. Setelah mampu menguasai tugas ini, Anda dapat merasa seperti mekanik sungguhan.

Inilah Kesalahan yang Biasa Terjadi Saat Membeli Mobil

Diposting oleh Admin

Banyak orang perpikir, membeli mobil seperti memasuki belantara yang penuh bahaya. Padahal, sebenarnya tidak demikian. Apalagi bila dananya sudah siap. Tapi membeli mobil yang tepat tanpa mendatangkan penyesalan di belakang hari, perlu mengikuti jurus-jurus tertentu. Berikut tips-tips yang bisa Anda pelajari sebelum membeli mobil:


1. Emosi sesaat. Sering Anda mengatakan, "Saya butuh mobil ini sekarang." "Saya suka mobil ini," dan "Saya yakin mampu membayar bulanan mobil ini." Hati-hati, ini merupakan emosi sesaat yang bisa membuat Anda salah pilih. Yakinkan bahwa harga mobil bukan hanya cicilan yang harus dibayar bulan itu, tapi semua cicilan. Anda mungkin bisa membayar cicilan sebesar X dalam satu-dua bulan, tapi belum tentu bisa mencicil dalam 36 bulan secara kontinyu.

2. Tidak melakukan penelitian. Datang ke dealer tanpa membaca-baca dulu sangat rentan bagi Anda melakukan kesalahan. Rayuan penjual bisa mempengaruhi Anda membeli mobil yang tidak tepat.

3. Tidak realistis sesuai kebutuhan. Sebelum datang ke showroom, pikirkan dulu kendaraan apa yang Anda butuhkan. Jangan anggap Anda membutuhkan mobil yang baru saja diluncurkan, karena kebutuhan Anda tidak musti sama. Tentukan kebutuhan Anda apakan sedan, SUV, MPV, atau yang lain.


4. Mengunjungi hanya satu dealer. Jangan ragu untuk pergi ke beberapa dealer untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai mobil yang Anda pilih. Semakin banyak tahu, semakin tepat Anda memilih.

5. Membeli pada awal tahun. Dealer memiliki sedikit insentif untuk pembelian banyak pada awal tahun. Mereka akan menggenjot penjualan hingga 12 bulan ke depan. Tetapi pada Desember, dealer-delaer harus menghabiskan stok lama, karena pada tahun baru biasanya muncul model baru untuk menggairahkan pasar. Saat itulah Anda harus membeli mobil.

Tips Seputar Memilih Kredit Mobil

Diposting oleh Admin

Hal pertama, membeli mobil adalah sebuah keputusan besar. Sama halnya adalah bagaimana membelinya. Apabila bisa membayar tunai, maka tidak ada masalah. Namun bagi kebanyakan dari kita, mengambil pinjaman adalah satu-satunya pilihan. Akan tetapi, terdapat banyak sekali perusahaan pembiayaan yang memberikan tawaran yang sama menariknya, yang pada akhirnya tergantung pada Anda untuk memilih. Untuk mulai memilah, berikut ini adalah variabel-variabel agar pilihan Anda tepat.
 

Suku bunga tetap atau mengambang?

Bunga pada dasarnya mendefinisikan kredit. Kami yakin Anda akan setuju bahwa semakin ringan bunga pinjaman, hidup terasa lebih mudah. Tapi apa saja pilihan-pilihan yang tersedia menyangkut bunga pinjaman itu sendiri. Sebagai awal, kebanyakan perusahaan pembiayaan di Indonesia, baik itu lembaga intermediasi seperti bank, atau perusahaan pembiayaan murni, menawarkan suku bunga tetap dalam pembiayaan pembelian mobil. Tapi ada juga yang namanya suku bunga mengambang.
 
Contoh umum kredit mobil ber-suku bunga tetap misalnya 6,25% per tahun selama masa kredit 3 tahun. Ini berarti debitur harus membayar bunga sebesar 6,25% per tahun
atas pokok pinjaman setelah dikurangi uang muka.
 
Suku bunga mengambang? Seperti namanya, suku bunga tersebut mengambang, utamanya relatif terhadap perubahan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang ditentukan oleh bank sentral kita, Bank Indonesia. Bank-bank umum dan perusahaan-perusahaan pembiayaan kemudian akan menyesuaikan suku bunga mereka sendiri untuk menjaga profit margin tertentu, atau dalam istilah keuangan, spread-nya. Alhasil, suku bunga dari kredit mobil jenis ini dapat berfluktuasi. Sedikit ketidakpastian yang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan.

Balloon installments/payments
Ada juga yang namanya balloon installments/payments. Cukup baru di Indonesia, tapi sudah mulai ditawarkan. Salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka yang mengadakan kredit mobil jenis ini. Balloon installments dapat dijelaskan sebagai skema kredit dimana sang debitur akan membayar cicilan yang sebagian besar tediri dari pokok pinjaman pada akhir-akhir masa kredit. Cicilan pada masa-masa awal kredit itu sendiri sebagian besar akan terdiri dari bunga dengan hanya sejumlah kecil yang merupakan bagian dari pokok pinjaman. Serta, cicilan yang harus dibayarkan pada periode-periode akhir masa kredit biasanya akan lebih besar. Oleh karena itu, skema kredit semacam ini akan lebih menguntungkan mereka yang sumber pendapatannya tidak tetap atau musiman.

Proses Kredit

Perusahaan pembiayaan yang baik akan berusaha melindungi hak-hak calon debiturnya sama baiknya dengan usaha yang dicurahkan untuk melindungi dirinya dari kerugian atau potensinya. Ciri-ciri kentara soal ini adalah prosedur yang logis, keterbukaan dalam menjawab pertanyaan, dan kesesuaian antara apa yang disebut dalam promosi/iklan dan apa yang terungkap pada proses tanya-jawab lebih dalam. Jadi, pastikan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.
 
Menariknya, semakin sebuah perusahaan teliti dalam menyaring calon debiturnya, biasanya semakin baik hak-hak mereka akan dilindungi dalam perjanjian kredit. Jangan menjadi ragu hanya karena proses yang dilalui sepertinya panjang atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi banyak. Juga, tetap ingat untuk membaca semuanya dengan baik dan pahami apa yang disebutkan kepada Anda. Bertanyalah apabila ada yang tidak jelas.

Asuransi kendaraan
Pada saat Anda mengambil kredit mobil, lazimnya juga akan mengenal asuransi yang menyertainya. Untuk hal ini, ada 2 jenis asuransi kendaraan yang umumnya ditawarkan, All Risk dan Total Loss Only (TLO). Yang terakhir hanya melindungi kehilangan kendaraan terkait curanmor dengan masa perlindungan sampai dengan 12 tahun. Sementara untuk All Risk, cakupannya lebih luas lagi. Kendaraan juga akan dilindungi dari resiko kecelakaan, huru-hara dan bencana alam.

Kesimpulan 
  • Masing-masing jenis suku bunga memberikan manfaat tertentu kepada konsumen. Jadi, tergantung pada   setiap individu konsumen untuk memilih satu yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi mereka.   
  • Namun sebagai pedoman umum, apabila pendapatan Anda teratur dan tetap, kredit mobil ber-suku bunga tetap adalah pilihan yang lebih baik. 
  • Suku bunga mengambang adalah juga sebuah pilihan. Tapi harap mempertimbangkan bahwa suku bunga bisa turun, tapi bisa juga naik, dan konsumen bisa saja jadi harus membayar lebih banyak.
  • Apabila pendapatan Anda musiman, baik dalam waktu atau jumlah, balloon installments memberikan keleluasaan lebih bagi Anda dalam mengelola pembayaran.
  • Kesimpulannya, memang masuk akal untuk mengambil kredit mobil dengan bunga terendah. Akan tetapi, reputasi perusahaan dan proses pengajuan, persetujuan serta tahap-tahap berikutnya yang harus dilalui juga harus dipertimbangkan.

Inilah 10 Mobil Handal Sejak 1997

Diposting oleh Admin


Punya mobil yang awet tahan lama tentu menyenangkan. Dari hasil penelitian selama 15 tahun, inilah mobil-mobil yang paling tahan lama atau awet.


Daftar mobil handal ini dilansir oleh Warranty Direct Reliability Index. Yang menarik, 7 dari 10 mobil paling awet itu adalah mobil-mobil keluaran Jepang. Mitsubishi Lancer berada di urutan pertama, disusul Suzuki Alto, ketiga ada Toyota Aygo.


Managing Director Warranty Direct Duncan McClure Fisher menuturkan mobil-mobil modern yang memiliki teknologi yang rumit di satu sisi justru membuat mereka menjadi rentan rusak.

Selama bertahun-tahun, banyak teknologi baru yang diterapkan ke mobil. Teknologi itu sekarang lebih kompleks. Banyak inovasi otomotif yang mengarah ke keamanan, tapi di satu sisi itu bisa berarti salah arah.


Berikut 10 Mobil tersebut:
  1. Mitsubishi Lancer (2005-2008)
  2. Vauxhall/Opel Agila (00-08)
  3. Suzuki Alto (97-06)
  4. Toyota Aygo (05-)
  5. Honda HR-V (98-06)
  6. Volvo S40 (96-04)
  7. Mazda MX-5 (05-)
  8. Mercedes E Class (06-)
  9. Toyota Yaris (99-03)
  10. Honda Jazz (01-08)

Harga Chevrolet Aveo

Diposting oleh Admin

Harga New Chevrolet Aveo
harga chevrolet aveo

General Motor Indonesia mengeluarkan Chevrolet Aveo merebut pasar mobil hatchback, yang saat ini masih dikuasai Honda jazz dan Toyota Yaris. Mobil dengan penampilan exposed ini memiliki mesin 1.4L DOHC dengan Double CVC dengan transmisi manual lima-percepatan (LS dan LT) dan transmisi otomatis enam-percepatan (LT) . Berikut ini daftar harga Chevrolet aveo baru dan seken. Harga mobil yang tertera berlaku untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya pada bulan Desember 2012. Daftar Harga ini diperbaharui setiap bulan.

Harga Chevrolet Aveo Baru ( new car price list)
No
Model/Type
Harga ( Price )
1
 New Chevrolet Aveo 1.4 M/T LS
168.800.000 
2
 New Chevrolet Aveo 1.4 M/T LT
178.800.000 
3
 New Chevrolet Aveo 1.4 A/T LT
193.800.000 

Harga Chevrolet Aveo Bekas / Seken ( used car price list)

No
Model/Type
Tahun (Year)
Harga (Price)
1
   Chevrolet Aveo A/T
2004
75.000.000 
  
2005
80.000.000 
  
2006
85.000.000 
  
2007
90.000.000 
  
2008
95.000.000 
  
2009
105.000.000 
  
2010
115.000.000 
2
   Chevrolet Aveo M/T
2004
75.000.000 
  
2005
80.000.000 
  
2006
85.000.000 
  
2007
90.000.000 
  
2008
95.000.000 
  
2009
110.000.000 
  
2010
120.000.000 
3
  Chevrolet Aveo Sporty A/T
2005
85.000.000 
  
2006
90.000.000 

Tips Buat Mobil yang Kena Banjir

Diposting oleh Admin

Hujan deras yang terjadi seperti pada saat-saat ini mengakibatkan sejumlah jalanan terendam banjir. Tak pelak, kemacetan pun terjadi di mana-mana. Banjir kemungkinan juga akan terjadi, sebab siang dan malam hujan lebat  mengguyur.


Bagi Anda pengendara mobil, harus hati-hati melintasi jalanan yang terendam air. Bila tidak, mobil Anda bisa mogok di jalan.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan saat mobil terkena banjir? Berikut beberapa tips penanganan mobil setelah terkena banjir:

Bila mobil terkena banjir ringan:
- Periksa kondisi bearing roda
- Periksa kondisi sistem rem
- Periksa kerja sistem ABS
- Periksa kondisi tie rod dan ball joint
 

Banjir sedang: 
- Periksa kondisi oli mesin dan transmisi, jika tercampur air, ganti dengan yang baru
- Buka knalpot dan saringan udara, jika ada air bersihkan dan keringkan
- Pastikan mesin dapat berputar dengan cara memutar pully dengan kunci
- Periksa silinder dengan membuka busi, jika ada air bersihkan dengan cara start engine dengan kondisi busi terbuka semua
- Periksa kelengkapan kelistrikan mesin, seperti starter, alternator, dan ECU. Jika terdapat air, bersihkan dan keringkan

Banjir berat: 
- Periksa komponen-komponen sesuai pada kategori kebanjiran ringan dan sedang, serta periksa komponen yang berada dalam kabin.
- Periksa semua ECU, combination meter, tape, relay, dan fuse, serta semua konektor yang ada di dalam kabin. Pastika semua terbebas dari air, kemudian bersihkan dan keringkan menggunakan blower atau hair dryer. 
- Bawa mobil ke bengkel agar mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Tips Rawat Mobil Saat Cuaca Tidak Menentu

Diposting oleh Admin

Merawat kendaraan di saat iklim tidak menentu seperti sekarang memang butuh kesabaran lebih. Selain menyebabkan kerepotan, hujan dan panas yang datang silih berganti dalam waktu singkat, bahkan dalam beberapa jam saja dapat berakibat buruk pada kendaraan, terutama di bagian eksteriornya. Karenanya, justru di musim seperti ini kondisi kendaraan harus mendapat perhatian ekstra.

Bagian eksterior mobil yang terkena dampak langsung akibat buruknya cuaca adalah cat. Selain untuk merperindah mobil, cat juga berguna untuk melindungi mobil dari karat. Sinar matahari dan hujan berdampak negatif terhadap cat mobil. Terpaan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan air hujan yang mengandung zat asam akan merusak cat mobil. Apalagi jika terpaannya datang silih berganti. Karena itu mobil yang tidak digunakan sebaiknya dimasukkan ke dalam garasi, dan jika terkena hujan segeralah bodinya diberihkan dan dikeringkan dari bekas-bekas air.


Agar cat mobil terhindar dari jamur, pemilik sebaiknya membersihkan kendaraan setiap hari. Siramlah bodi mobil dengan air untuk menghilangkan debu yang melekat. Hindari penggunaan lap kering yang dapat meyebabkan tergoresnya cat. Anda bisa memanfaatkan pembersih bulu ayam (kemoceng) untuk membersihkan debu. Kendati akan lebih baik jika mencuci mobil hanya dengan air, namun sampo/sabun khusus mobil bisa juga digunakan. Syaratnya, mobil harus dibilas sampai bersih untuk menghilangkan sisa-sisa sabun yang membuat warna menjadi kusam. Gunakanlah lap berbahan halus untuk menghindari cat mobil tergores. Jangan terlalu sering menggunakan polishing material, karena akan menipiskan lapisan cat.

Pemilik mobil dianjurkan memakai pelindung cat untuk menambah keindahan supaya cat lebih mengkilat, tahan lama, tidak pudar, tidak timbul jamur dan terlindungi dari sinar ultraviolet. Bawalah mobil anda ke workshop profesional spesialis pelindung cat yang memiliki peralatan khusus dan dilakukan oleh tenaga ahli terlatih.

Hujan kerap turun tiba-tiba, karenanya pastikan alat peyeka kaca bekerja dengan baik. Selain mengganggu pandangan pengemudi, rusaknya alat penyeka kaca dapat menyebabkan kaca mobil menjadi kotor dan buram. Bagian yang paling rentan terpengaruh oleh cuaca adalah karet wiper, terutama pada kelenturannya. Debu, kotoran, asap, hujan, panas yang sering menerpa membuat kelenturan karet wiper berkurang. Hal ini mengakibatkan karet wiper tidak mampu membersihkan kaca saat hujan turun.

Jika terkena hujan dan panas dan diselingi dengan menempelnya debu-debu serta asap knalpot, maka kaca mobil akan menjadi berjamur dan berpelangi. Untuk mengatasinya, bersihkan kaca dengan cairan pembersih kaca. Namun, pemilik sebaiknya juga memperhatikan kaca saat terkena hujan. Keringkan segera kaca sesaat setelah terkena hujan, Jangan dibiaran kering sendri karena akan menimbulkan bercak-bercak air. Dan jika bercak tersebut didiamkan lama-lama dapat menyebabkan pengkristalan yang susah dihilangkan.


Iklim Indonesia yang udaranya cenderung lembab dan asin, ditambah hujan yang turun terus-menerus menyebabkan rentannya besi-besi kendaraan dari serangan karat. Agar terhindar dari karat, seringlah mencuci mobil sendiri. Tidak dianjurkan mencuci di car wash karena sangat sulit membatasi masuknya air ke bagian dalam kendaraan. Cuci mobil di pagi hari, jemur di bawah sinar matahari dengan membuka seluruh bagian pintu, menurunkan kaca jendela supaya matahari bisa masuk. Jangan memakai mobil dalam kondisi basah. Mencuci moil di malam hari tidak disarankan, karena lama keringnya dan juga banyak embun yang sulit hilang.

Saat terkena banjir, sebaiknya bagian bawah mobil langsung dicuci/ siramlah dengan air bersih, lalu jemur. Jangan biarkan kotoran dan air mengendap yang akan mempermudah besi berkarat.
Bagi Anda yang kebetulan memiliki kendaraan baru sebaiknya sudah memberikan perlindungan antikarat pada kendaraan Anda saat keluar dari showroom/pabrik. Sebagian mobil menmang sudah diberika lapisan antikarat saat perakitan, namun umumnya hanya bagian-bagian tertentu saja. Lagipula, bibit karat sudah ada akibat proses pengelasan.

Karena itu alangkah bijaksana jika sebelum dipakai, mobil baru Anda dibawa ke bengkel perlindungan antikarat yang akan memberikan palisan antikarat secara menyeluruh.

Mengenal Teknik Dasar Drifting

Diposting oleh Admin

Teknik drifting dilakukan dengan cara membiarkan ban belakang slip dengan alur yang lebih besar daripada ban depan. Ini biasanya terjadi saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, kemudian arah dibelokan tanpa mengurangi kecepatan mobil. Jika teknik drifting dilakukan dengan tidak tepat, bisa menyebabkan mobil melintir dan kehilangan kendali. Karena itu, kecepatan dan sudut belokan harus diambil secara akurat.

Ada dua teknik utama yang digunakan oleh drifter untuk menciptakan gerakan drift yaitu Clutching (penggunaan kopling) dan braking (penggunaan rem). Dalam teknik clutching, saat mobil pembalap mendekati tikungan, ia akan menekan kopling dan pindah ke gigi 2. Lalu pembalap akan menekan gas sampai sekitar 4500 rpm. Saat kopling dilepas, akan ada putaran kuat pada ban karena saat itu mesin sedang berputar cepat. Kekuatan besar mendadak ini membuat ban belakang berputar sangat cepat sampai kehilangan traksi dan bagian belakang mobil akan melintir.

Sementara dalam teknik braking, pengemudi menarik rem tangan saat memasuki tikungan sehingga menyebabkan ban belakang terkunci dan kehilangan traksi dan menciptakan gerakan drift. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang bisa digunakan untuk mobil-mobil front wheel-drive (FWD). Sementara untuk mobil rear wheel-drive (RWD) memiliki setidaknya satu lusin teknik. Inilah sebabnya lebih banyak pro drifter yang menggunakan mobil rear wheel drive (RWD) untuk dibesut.

Berikut ini ada beberapa teknik yang biasa dipergunakan ketika drifting.

HandBrake Drift
Kopling diinjak dan disaat bersamaan hand-brake ditarik untuk menghilangkan traksi. Ketika traksi sudah hilang, kopling di lepas dan pedal gas ditekan sambil lakukan countersteering.
 
Power Slide
Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Caranya hanya dengan membejek pedal gas habis dan mengontrol arah mobil dengan setir.
 
Shift Lock
Drifting dengan cara menurunkan posisi gigi jadi lebih rendah. Hal ini membuat ban mengunci sehingga traksi hilang.
 
Clutch Kick
Drifting dengan cara menendang kopling segingga menimbulkan guncangan pada transmisi sehingga mempengaruhi keseimbangan mobil. Hal ini bakal membuat mobil slidding.
 
Braking Drift
Caranya saat masuk tikungan pedal rem diinjak sehingga bobot pindah ke depan. Kemudian pedal gas langsung dipijak sehingga ban belakang kehilangan traksi.
 
Feint/Scandinavian Flick
Caranya dengan memindahkan bobot kendaraan ke luar dengan cara memutar setir ke arah luar tikungan dan dengan tiba-tiba memutar balik setir sehingga bagian belakang mobil bergeser. Teknik ini seperti cara menikung mayoritas pereli.
 
Kansei/dynamic drift
Drifting dengan cara mengangkat pedal gas saat kecepatan tinggi. Ini terjadi karena saat pedal gas diangkat bobot pindah dari belakang ke depan.

Saat drift sudah tercipta dengan melakukan teknik yang benar, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah menjaga agar mobil tetap terkontrol. Untuk yang satu ini diperlukan keahlian dari si pengemudi dalam mengontrol kombinasi antara gas dan setir.

Ilustrasi ini memberikan sense yang bagus dari pengemudian dan menginjak pedal gas yang harus anda mengerti untuk menjaga mobil anda ketika melakukan drifting. Ketika menggerakkan mobil dari sudut full drift satu arah ke full drift ke arah yang berlainan, persiapkan untuk bagian belakang yang akan datang dengan tekanan yang berlebih ketika memulai drift dari arah depan. Berikan diri anda banyak ruang untuk menguasai teknik anda agar anda tidak lepas kendali atau menjadi sesuatu yang tidak dapat bergerak.

 
1.keraskan kemudi (steer hard) sewaktu membelok untuk mulai meluncur, kemudian lakukan banting-kemudi (countersteer) sebelum mobil keluar jalur
2.lanjutkan membanting-kemudi (countersteering) untuk mempertahankan laju luncuran. Ini merupakan tindakan untuk menyeimbangkan
3.sekarang anda mempersiapkan untuk tikungan selanjutnya. Tujuannya adalah agar dapat men-drift sepanjang lintasan yang dilalui tanpa meluruskan mobil selama beberapa saat ketika bagian belakang (buritan) mengayun
4.anda harus memacu kecepatan sekarang, jadi persiapkan untuk membejek gas yang bertujuan untuk menjaga roda bagian belakang tetap meluncur. Traction kills drift!
5.Inilah saat-saat yang tersulit. Menjaga bagian belakang (buritan) tetap meluncur melalui tikungan sangat mudah, tapi men-drift terus pada lintasan lurus yang cukup berat. Pada saat anda kehilangan momentum, posisi mobil akan lurus kembali, tapi anda akan terkejut berpa lama anda dapat mempertahankan posisi meluncurnya. Semoga berhasil! 

Harga BMW 116i, 135i dan 1M

Diposting oleh Admin

Harga BMW 116i, 135i dan 1M
Harga BMW 116i, 135i Coupe, dan 1M Coupe

Berikut ini daftar harga mobil BMW seri 1 baru dan bekas (seken). Harga mobil yang tertera berlaku untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya pada bulan November 2012. Daftar Harga ini diperbaharui setiap bulan.

Harga BMW Seri 1 Baru ( new car price list)

No
Model/Type
Harga ( Price )
1
 BMW 116i Urban Line 1.6
529.000.000 
2
 BMW 116i Sport Line 1.6
529.000.000 
3
 BMW 135i Coupe
858.000.000 
4
 BMW 1M Coupe
988.000.000 

Harga BMW Seri 1 Bekas / Seken ( used car price list)

No
Model/Type
Tahun (Year)
Harga (Price)
1
  BMW 116i A/T
2006
230.000.000 
  
2007
250.000.000 
  
2008
270.000.000 
2
  BMW 120i A/T
2005
225.000.000 
  
2006
245.000.000 
3
  BMW 125i Coupe A/T
2009
635.000.000 

Video BMW 116i

Video BMW 135i

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Drifting

Diposting oleh Admin

Drifting merupakan teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membuat agar mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Biasanya para drifter (pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan (hand brake) untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini, karena itulah sangat dibutuhkan keahlian tertentu dan disiplin yang cukup tinggi untuk dapat menguasai teknik mengemudi seperti ini.

Saat ini Drifting sudah menjadi olah raga profesional yang berjalan di bawah bendera D1 Grand Prix tapi sayangnya, sampai saat ini Drifting belum mendapat pengakuan dari FIA.


Drifting tumbuh di Jepang sekitar petengahan 1960-an, dipelopori kalangan motorsport underground yang dijuluki rolling zoku. Mereka mempraktikkan teknik opposite-lock dari reli ini di jalan pegunungan (touge) yang berkelok-kelok dan beraspal licin di wilayah Rokkosan, Hakone, Irohazaka dan Nagano.

Pada tahun 1970-an, Kunimitsu Takahashi, yang merupakan pembalap F1 legenda Jepang, mendapatkan inspirasi ketika ia mencoba bagian depan mobilnya mengikuti apex (titik paling pinggir dari sebuah tikungan) dengan kecepatan tinggi dan menggunakan rem tangan untuk mengikuti tikungan itu.

Pada tahun 2001, Daijiro Inada (pendiri Option Magazine dan Tokyo Auto Salon) bersama Keiichi ‘Dorikin’ (Raja Drifting) Tsuchiya (pembalap turing dan juga ‘Bapak Drifting Profesional’) membuat seri kompetisi drifting profesional, D1 Grand Prix (D1 GP).
 

Biasanya mobil-mobil yang diturunkan dalam ajang drifting adalah mobil-mobil yang berbobot ringan hingga sedang dengan tipe coupe/sedan dan menggunakan penggerak roda belakang atau FR (front engine, rear-wheel-drive) seperti Nissan Skyline, Nissan Sylvia, Toyota Mark II, Toyota Corolla DX, dan Toyota Levin/Sprinter Trueno (AE86). Soalnya pada mobil jenis ini tenaga untuk sliding selalu disalurkan oleh roda belakang, sedangkan roda depan dimanfaatkan untuk mengontrol mobil/drift.

Tapi saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mobil-mobil yang menggunakan tipe penggerak seluruh roda FA (front engine, all-wheel-drive) semacam Subaru Impreza WRX STi dan Mitsubishi Lancer Evolution dan penggerak roda depan FF (front engine, front-wheel-drive) juga ikut turun dalam ajang drifting. Kesulitan akan didapat apabila memakai mobil dengan penggerak roda depan atau FF, dimana tenaga dan kontrol ada di roda depan sehingga agak susah untuk menaklukkan beberapa tikungan sekaligus.