Selain itu Spooring perlu dilakukan supaya keausan ban merata dan memberikan kestabilan pengemudi. Pastikan kaki-kaki mobil benar-benar dalam kondisi siap jalan. Jangan biarkan hal ini terjadi pada mobil anda.
Tips Pilih Kaca Film buat Mobil
Diposting oleh Admin
Semakin banyaknya produk kaca film yang ada dipasaran terkadang membuat konsumen bingung menentukan pilihan. Calon pembeli juga semakin sulit menentukan pilihan ketika dihadapkan pada ragam spesifikasi, merek,dan harga. Apalagi belakangan ini teknologi kaca film sudah berkembang dengan pesat.
Ambil contoh istilah IR Rejected atau penolakan infra merah yang diciptakan oleh salah satu produsen. Istilah ini kemudian menjadi tren sehingga produsen lain pun turut memakai istilah ini sebagai strategi pemasaran. Ada lagi kaca film yang berbahan dasar keramik karena material ini dipercaya tidak akan mengintervensi gelombang GPS (Global Positioning System), walaupun sebenarnya istilah keramik yang dipakai di sini berbeda dengan pemahaman kita pada umumnya.
Lalu bagaimana caranya memilah kaca film. Kebutuhan mendasar biasanya menentukan pilihan konsumen, jangan lupa tanyakan tiga pertanyaan ini ke toko kaca film Anda, apakah produk ini bisa menolak panas, apakah produk ini tidak menghalangi pandangan dalam berkendara, dan apakah ada garansinya.
Teknologi Lampu Terbaru dari Volvo
Diposting oleh Admin
Produsen mobil Volvo telah mengembangkan teknologi baru Active High Beam Control (AHBC), yakni lampu jauh yang tidak menyilaukan. Mereka mengklaim AHBC tak cuma memperhatikan kendaraan dari depan, tetapi juga membuat pengemudi lebih aman dalam keadaan gelap.
Keuntungan utama AHBC adalah ketika mengemudi sangat minim cahaya. Objek yang biasanya tak tampak seperti mobil parkir di pinggir jalan, binatang, pejalan kaki, atau pengguna jalan lain tanpa lampu bisa lebih jelas terlihat. Tapi, pengguna mobil lain tak kena sorotan cahaya terang ini.
Volvo menjelaskan, lampu bekerja menyorotkan cahaya hanya ke objek yang diperlukan. AHBC menggunakan kamera kecil di atas kaca spion kabin sebagai detektor, mirip yang dipakai pada teknologi rem otomatis di beberapa merek. Kamera ini bertugas mengidentifikasi objek mana yang perlu diberi penerangan, dan mana yang tidak disorot.
Unit kontrol akan menerima informasi dari kamera tersebut, dan meneruskannya ke modul proyektor cerdas yang terintegrasi pada lampu utama. Silinder kecil dengan potongan logam berbagai ukuran akan "menghalangi" cahaya sesuai perintah dari unit kontrol, dan menerangi objek yang diperlukan saja.
Keuntungan utama AHBC adalah ketika mengemudi sangat minim cahaya. Objek yang biasanya tak tampak seperti mobil parkir di pinggir jalan, binatang, pejalan kaki, atau pengguna jalan lain tanpa lampu bisa lebih jelas terlihat. Tapi, pengguna mobil lain tak kena sorotan cahaya terang ini.
Volvo menjelaskan, lampu bekerja menyorotkan cahaya hanya ke objek yang diperlukan. AHBC menggunakan kamera kecil di atas kaca spion kabin sebagai detektor, mirip yang dipakai pada teknologi rem otomatis di beberapa merek. Kamera ini bertugas mengidentifikasi objek mana yang perlu diberi penerangan, dan mana yang tidak disorot.
Unit kontrol akan menerima informasi dari kamera tersebut, dan meneruskannya ke modul proyektor cerdas yang terintegrasi pada lampu utama. Silinder kecil dengan potongan logam berbagai ukuran akan "menghalangi" cahaya sesuai perintah dari unit kontrol, dan menerangi objek yang diperlukan saja.
Tips Membersihkan Mobil dari Debu
Diposting oleh Admin
Saat musim kemarau tiba, ada satu masalah yang kerap menghantui pemilik mobil, yakni serangan debu pada permukaan bodi mobil.
Jika sudah begini, maka perasaan risih langsung menyergap. Apalagi jika debunya hanyalah debu halus yang muncul ketika saat mobil diparkir. Satu-satunya jalan tentu dengan membersihkan semua debu agar tampilan mobil menjadi bersih kembali.
Jika sudah begini, maka perasaan risih langsung menyergap. Apalagi jika debunya hanyalah debu halus yang muncul ketika saat mobil diparkir. Satu-satunya jalan tentu dengan membersihkan semua debu agar tampilan mobil menjadi bersih kembali.
Ada cara praktis mendapatkan bersih maksimal. Yaitu menggunakan kemoceng atau sulak. Kemoceng sering digunakan untuk mengenyahkan debu halus tanpa harus mencuci mobil. Sehingga tenaga dan waktu pengerjaan lebih efisien.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan debu. Jika debunya sudah terlalu tebal, sebaiknya jangan menggunakan kemoceng, langsung saja cuci dengan air dan sabun.
Jika debu terlampau tebal, membersihkan dengan sulak hanya akan mengundang potensi gores halus. Gerakan menyapu permukaan dengan permukaan yang kering akan membuat debu bergesekan dengan bodi. Gesekan itulah yang berpotensi menimbulkan baret.
Perhatikan juga warna mobil. Jika kelirnya gelap, kemungkinan munculnya baret halus berbentuk sarang laba-laba (swirl mark) jadi lebih besar. Sehingga, Anda harus pastikan debu yang menempel tidak terlalu tebal.
Perhatikan juga warna mobil. Jika kelirnya gelap, kemungkinan munculnya baret halus berbentuk sarang laba-laba (swirl mark) jadi lebih besar. Sehingga, Anda harus pastikan debu yang menempel tidak terlalu tebal.
Kemoceng yang paling baik adalah yang berbahan wool. Material ini sangat halus dan efektif menangkap debu. Jika sulit menemukan yang berbahan wool, bisa pilih material microfibre. Bahan ini cukup banyak dijual di toko alat-alat car care.
Yang justru tidak direkomendasikan justru bulu ayam. Di bagian bulunya memang halus, sangat halus, tapi bahaya datang dari batangnya yang bersifat keras. Ada kemungkinan batang menggores saat bersentuhan dengan bodi.
Inilah beberapa langkah yang harus diperhatikan saat menggunakan kemoceng.
-Jauhkan gagang dari permukaan bodi. Jika ujungnya terkena bodi maka dapat menggores permukaan.
-Jangan ditekan. Cukup seka ujung bulu kemoceng ke permukaan bodi.
-Lakukan gerakan satu arah. Misalnya dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Gerakan bolak-balik berbentuk kipas sangat berpotensi menimbulkan baret.
-Jauhkan gagang dari permukaan bodi. Jika ujungnya terkena bodi maka dapat menggores permukaan.
-Jangan ditekan. Cukup seka ujung bulu kemoceng ke permukaan bodi.
-Lakukan gerakan satu arah. Misalnya dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Gerakan bolak-balik berbentuk kipas sangat berpotensi menimbulkan baret.
Tips Ringan Rawat Power Window Agar Optimal Kerjanya
Diposting oleh Admin
Memarkirkan mobil ditempat terbuka, jelas efeknya akan negatif. Semisal dengan melekatnya debu-debu yang mengacaukan penampilan mobil. Bahkan bukan tak mungkin, akan mengganggu kinerja komponen.
Salah satunya akan menimpa karet-karet kaca mobil. Bisa jadi mengeras dan membuat kinerja naik-turun kaca jadi kurang lancar. Enggak hanya bikin kaca seret, tapi efeknya juga ke usia pakai motor power window yang bakal lebih cepat aus.
Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka sebaiknya karet-karet pintu dilumasi. Caranya, cukup dengan membersihkan karet pintu yang kotor. Bisa menggunakan lap basah, atau gunakan air langsung supaya lebih bersih.
Jika pakai air, sebaiknya masukkan ke botol lalu beri slang untuk menyemprot. Pembersihan dilakukan pada semua karet pintu. Setelah itu, lumasi menggunakan shampo mobil di semua karet yang ada.
Untuk bisa menjangkau celah-celah karet gunakan slang yang telah dipotong. Tunggu beberapa saat, supaya sampo mobil tersebut mengalir ke bawah dan masuk ke pori-pori karet. Selain menggunakan shampo mobil, bisa juga gunakan oli yang SAE 10.
Tapi mesti pilih yang masih baru, supaya pelumasan semakin maksimal. Caranya sama seperti pakai shampo. Tinggal tuang oli di sela-sela karet. Gunakan slang supaya oli tidak keluar dari karet.
Jika seluruh proses sudah dilaksanakan dengan baik, coba naik dan turunkan kaca. Pasti kaca jalan lebih lancar dibanding sebelum dilumasi sehingga kerja motor power window normal. Keuntungan lainnya, licinnya karet kaca akan mengurangi kemungkinan karet kaca menggumpal pada satu tempat dan mencegah karet keluar dari tempatnya.
Jangan Lupakan Ini, Jika Anda Sering Berkendara Jarak Jauh!
Diposting oleh Admin
Berkendara dengan mobil merupakan sebuah pekerjaan yang mengandung risiko tinggi. Salah satunya yang berpeluang besar dialami adalah mogok. Entah karena kerusakan mekanikal, elektrikal atau bencana alam.
Makanya sebagai pengendara mesti menyiapkan diri menghadapi berbagai kondisi. Salah satunya dengan menyiapkan emergency kit yang mampu membuat Anda survive bila mesti mogok di tengah jalan atau terjebak banjir.
Makanya sebagai pengendara mesti menyiapkan diri menghadapi berbagai kondisi. Salah satunya dengan menyiapkan emergency kit yang mampu membuat Anda survive bila mesti mogok di tengah jalan atau terjebak banjir.
Perjalanan ke luar kota kita sering melintasi daerah yang terpencil. Bila mengalami masalah dengan kendaraan di area ini bisa menimbulkan kesulitan. Berikut emergency kit untuk perjalanan jauh :
STRAP
Tali untuk menderek kendaraan bila mogok. Ukuran dan kemampuan tariknya bervariasi. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai Rp 80 ribu sampai Rp 180 ribu.
KABEL JUMPER
Mesin mobil tidak bisa di-start karena aki rusak bisa diselesaikan dengan cara jumper. Ini adalah cara menghidupkan mobil dengan mengkoneksikan aki yang rusak dengan aki mobil lain menggunakan kabel. Makanya kabel jumper perlu ada di mobil.
PENAMBAL BAN INSTAN
Paket tambal ban do-it-yourself ini terdiri dari alat penusuk, alat penambal, karet penambal dan lem. Bahkan ada juga yang melengkapi dengan cutter atau pisau pemotong ukuran kecil.
SEKRING CADANGAN
Beberapa mobil sudah dibekali pabrik sekring cadangan. Namun, bila tidak bisa membeli sendiri. Tinggal lihat model sekring yang dipakai dan ukurannya.
CAIRAN CADANGAN
Mesti membawa air buat radiator maupun oli atau minyak rem cadangan. Tidak banyak, hanya untuk menambahkan bila tiba-tiba terjadi kebocoran.
POMPA UDARA PORTABEL
Peranti ini merupakan perpaduan penting dengan penambal ban instan. Tanpa alat ini, ban yang telah ditambal tetap tidak dapat digunakan. Apalagi pompa undara portabel ini kini ditawarkan dengan beragam fitur lainnya seperti senter dan pengukur tekanan angin ban.
Inilah Fitur Keselamatan Terbaru dari Volvo
Diposting oleh Admin
Banyak inovasi yang sudah Volvo hasilkan untuk urusan safety. Kini, mereka memperkenalkan teknologi yang mampu mendeteksi adanya sepeda.
Safety memang seperti nama belakang dari merek asal Swedia ini. Sabuk pengaman adalah salah satu produk inovasi mereka, begitu pula soal pengembangan airbag di dunia otomotif.
Kali ini Volvo kembali menunjukkan inovasinya dengan memperkenalkan fitur keselamatan terbaru yang dapat mendeteksi dan secara otomatis melakukan pengereman bila ada pengendara sepeda yang meliuk dan menyalip di depan mobil.
Nantinya, semua mobil Volvo akan mengaplikasi teknologi ini, alasannya pengembangkan teknologi ini adalah karena menurut data kecelakaan, sekitar 50 persen dari semua pengendara sepeda yang tewas di jalanan adalah akibat dari bertabrakan dengan mobil.
Pada dasarnya, teknologi ini bekerja dengan menggabungkan kemampuan kamera yang ada di kaca depan dengan radar yang ada di grille yang mampu mendeteksi pergerakan apa saja di depan mobil.
Berkat bidang luas yang dipantau keduanya, mobil ini mampu membaca pola gerakan dari pengendara sepeda untuk menentukan apakah keduanya berbahaya atau tidak.
Bila sistem di mobil menganggap ada bahaya, maka mobil akan secara otomatis mengerem untuk menghindari bahaya.
Bila sistem di mobil menganggap ada bahaya, maka mobil akan secara otomatis mengerem untuk menghindari bahaya.
Toyota Etios Valco Siap Mengaspal
Diposting oleh Admin
Mobil terbaru keluaran Toyota, Etios Valco menurut rencana akan diluncurkan untuk pasar Indonesia mulai pekan depan. Mobil ini ditawarkan dalam tiga varian, G, E dan J.
Untuk spesifikasinya, mesin 3 NR - FE, 4-silinder, 16 Valve DOHC berkapasitas 1.197 cc. Tenaganya 80 PS pada 5.600 rpm dan torsi 103,9 Nm pada 3.100 rpm. Dengan transmisi manual 5-percepatan.
Dimensi Etios cukup kompak dengan panjang 3,775 cm; 1,695 cm lebar, tinggi 1,510 cm dan sumbu roda 2,460 cm. Pelek tersedia dalam dua pilihan, 176/65 R14 (standar) dan 185/60 R15 (Alloy). Toyota menawarkan Etios Valco dalam enam pilihan warna, yakni Black Mica, White, Blue Metallic, Beige Metallic, Grey mettalic, Silver Metallic.
Bagian interior, ruang kabin yang lapang. Digital odometer dan trip meter diposisikan di tengah dashboard. Mirip Vios! Sistem audio 2 DIN dengan fitur AM/FM radio, CD player, MP3, WMA dan USB port. Empat speaker, jam digital dan konsep cooler box di ruang penyimpan dashboard, karena aliran udara AC yang masuk melalui saluran khusus.
Dan pengemudi tidak harus melepas tangan dari kemudi untuk mengatur audio karena sudah tersedia di setir untuk tipe G dan tilt steering (tipe E dan J). Untuk keselamatan, Toyota membekali Valco dengan dua kantung udara di depan, sistem rem ABS dan EBD.
Untuk spesifikasinya, mesin 3 NR - FE, 4-silinder, 16 Valve DOHC berkapasitas 1.197 cc. Tenaganya 80 PS pada 5.600 rpm dan torsi 103,9 Nm pada 3.100 rpm. Dengan transmisi manual 5-percepatan.
Dimensi Etios cukup kompak dengan panjang 3,775 cm; 1,695 cm lebar, tinggi 1,510 cm dan sumbu roda 2,460 cm. Pelek tersedia dalam dua pilihan, 176/65 R14 (standar) dan 185/60 R15 (Alloy). Toyota menawarkan Etios Valco dalam enam pilihan warna, yakni Black Mica, White, Blue Metallic, Beige Metallic, Grey mettalic, Silver Metallic.
Bagian interior, ruang kabin yang lapang. Digital odometer dan trip meter diposisikan di tengah dashboard. Mirip Vios! Sistem audio 2 DIN dengan fitur AM/FM radio, CD player, MP3, WMA dan USB port. Empat speaker, jam digital dan konsep cooler box di ruang penyimpan dashboard, karena aliran udara AC yang masuk melalui saluran khusus.
Dan pengemudi tidak harus melepas tangan dari kemudi untuk mengatur audio karena sudah tersedia di setir untuk tipe G dan tilt steering (tipe E dan J). Untuk keselamatan, Toyota membekali Valco dengan dua kantung udara di depan, sistem rem ABS dan EBD.