Perlunya Cek Kaki-Kaki Mobil Usai Digunakan Liburan

Diposting oleh Admin

Apakah anda baru pulang dari liburan atau masih berada di luar kota untuk menghabiskan liburan akhir tahun dengan menggunakan mobil pribadi? Sebaiknya Anda menetapkan rencana mengecek kaki-kaki mobil sebagai agenda kegiatan di urutan pertama setibanya di tempat tinggal.

Kaki-kaki mobil menjadi komponen mobil yang sangat vital dan berkiatan langsung dengan keamanan berkendara. Karena kaki-kaki inilah yang menyangga beban mobil. Inilah yang menentukan enak tidaknya suspensi mobil.

Sehingga, bila tidak dibenahi maka selain handling tidak enak, juga membahayakan. Karena mobil akan terasa lari ke kanan atau ke kiri saat dikemudikan. Sehingga, berpotensi menimbulkan kecelakaan. Akibat lainnya, ban bagian dalam juga akan termakan (menjadi tipis di bagian sebelajh dalam).

Untuk pembenahan kaki-kaki tersebut tidak terbatas hanya untuk jenis mobil tertentu semacam sedan atau multi purpose vehicle (MPV) saja, tetapi juga semua jenis. Bahkan mobil sport utility vehicle (SUV) yang dirancang untuk perjalanan ke luar kota dan cocok untuk melibas jalanan semi off road pun juga wajib menjalaninya.

Sedangkan kalau dilihat dari sisi umur, paling maksimal mobil usia tiga sampai dua tahun. Itu wajib, kalau masih berumur satu tahun sih masih bisa ditoleransi.

Lintasan atau trek yang banyak berlubang meski panjang jaraknya lebih pendek memiliki potensi risiko yang lebih besar terhadap kaki-kaki atau sistem suspensi mobil ketimbang jalan datar dengan jarak yang lebih jauh. Karena saat melintas di jalan berlubang maka kerja kaki-kaki juga ekstra keras dalam menyangga beban mobil.

Beberapa piranti yang perlu dicek saat memeriksa kondisi kaki-kaki mobil adalah shockbreaker, tierod, long tierod, laker, balljoint, serta bushing arm. Semua komponen tersebut perlu diperiksa secara keseluruhan karena dalam sistem kerja kaki-kaki mobil semua komponen itu saling berkaitan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar