Inilah Perawatan Mobil Yang Bisa Dikerjakan Sendiri

Diposting oleh Admin

Berikut ini adalah perawatan mobiluntuk hal-hal kecil yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan mekanik:


Cek Tekanan dan Isi Angin Ban:
Waktu: 15 menit, satu bulan sekali
Spare Part: Tidak ada

Peralatan: pengukur tekanan ban, pompa angin (biasanya banyak tersedia di SPBU)
Menjaga ban mobil Anda terisi angin dengan tekanan yang pas sangatlah penting untuk tiga alasan, yakni meningkatkan keselamatan selama mengendarai mobil (kendali mobil Anda akan lebih baik pada saat pengereman mendadak dan belok). Anda tidak akan pernah menyadari tekanan ban hingga Anda melakukan pengereman mendadak atau membanting setir di jalanan. Anda akan merasakan itu ketika tekanan ban Anda kurang dan itu mempengaruhi performa mobil Anda. Banyak kasus kecelakaan terjadi hanya karena ban kempes, tidak mau kan mengalamikecelakaan hanya karena permasalahan sepele ini.

Anda cukup menggunakan pengukur tekanan ban yang dapat Anda beli bengkel-bengkel. Dan Anda dapat menambah tekanan ban Anda di SPBU yang memberikan layanan gratis untuk pengisian angin ban. Pastikan juga bahwa Anda telah mengetahui berapa tekanan ban yang cocok untuk mobil dan jumlah orang yang biasa berada di mobil Anda.

Merotasi Letak Ban
Waktu: 1 Jam
Spare Part: Tidak Ada
Peralatan: Dongkrak dan kunci pas
Mengapa perlu merotasi letak ban? Dua ban depan seringkali lebih cepat tipis dibandingkan dengan ban belakang karena pengereman dan belok arah mempengaruhinya. Dengan merotasi letak ban, Anda dapat memastikan bahwa kedua ban tersebut tidak perlu penggantian segera. Selain itu, ketika Anda melakukan rotasi sendiri, Anda dapat dengan jelas meneliti ban apakah ada kerusakan atau keausan. Mungkin juga Anda akan mendapati paku yang nempel di ban.

Bagaimana caranya? Untuk memastikan apakah Anda merotasi dengan benar, ada baiknya melihat buku panduan mobil yang menjelaskan tentang pola rotasi letak ban dengan benar.

Mengganti Filter Angin
Waktu: 5 menit
Spare part: Filter angin baru
Peralatan: Obeng

Mekanik bengkel dengan cepat dapat mengganti filter angin dan sangat menguntungkan karena biasanya bengkel memberikan harga yang lebih tinggi. Mengganti filter angin yang hanya membutuhkan waktu singkat, 5 menit, dapat menghilangkan kotoran di mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pada area-area yang banyak terdapat kotoran, gantilah filter tersebut lebih sering dibandingkan dengan yang lain. Jika Anda mempelajari dimana letak dan bagaimana mengganti filter, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk memperpanjang daya tahan mesin Anda.
  

Mengganti Lampu dan Sekering
Waktu: 30 menit
Spare part: Lampu dan sekering pengganti (biasanya dijual dalam box berbagai ukuran)
Peralatan: Obeng

Lampu depan dan belakang merupakan item keselamatan yang penting. Tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengganti lampu dan/atau sekering, tapi apa Anda benar-benar mau repot-repot ke bengkel? Bila ke bengkel, Anda harus menunggu dan mungkin harus membayar 50 persen lebih mahal untuk penggantian tersebut. Jadi ada baiknya Anda membeli sendiri lampu atau sekering di toko otomotif, lalu lakukan penggantian sendiri.

Bagian tersulit dalam mengganti lampu depan atau belakang adalah mengambil lampu. Lihat petunjuknya dan pahami terlebih dahulu. Sedangkan untuk meraih kompartmen sekering lebih mudah. Untuk mendapatkan sekering yang tepat, Anda perlu untuk melihat bagan elektronik di buku petunjuk.
  
Mengganti Oli Mobil
Waktu: 1 (satu) jam
Spare part: Oli mesin, filter oli.
Peralatan: Dongkrak, wadah untuk oli bekas, kunci pas, kanebo atau lap.

Dengan mengganti oli mobil sendiri, Anda telah menghemat pengeluaran untuk salah satu hal yang sering dilakukan upsell di bengkel. Penggantian oli mobil memang membutuhkan pengetahuan yang agak lebih dibandingkan dengan perbaikan mobil yang ada dalam daftar ini. OLeh karena itu ada baiknya Anda ditemani minimal dengan orang yang sudah mempunyai pengetahuan sedikit tentang mobil. Setelah mampu menguasai tugas ini, Anda dapat merasa seperti mekanik sungguhan.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar