Fakta Menarik Tentang 'Cadillac One'

Diposting oleh Admin

Di balik kokohnya limousin hitam mobil kepresidenan Amerika Serikat yang kerap disebut sebagai 'Cadillac One', ternyata tersimpan fakta menarik di dalamnya. Inilah fakta-fakta menarik tersebut.


Tidak Terlihat Seperti Mobil Mewah Khas Cadillac
Berbeda dengan mobil kepresidenan sebelumnya, The Beast memiliki cukup banyak kesamaan dengan mobil produksi standar. Sasis, mesin diesel, dan transmisinya sama seperti yang digunakan truk komersil Chevrolet Kodiak. Hanya beberapa bagian lain yang bernuansa Cadillac yaitu lampu depan dari Cadillac Escalade dan lampu belakang dari Cadillac STS.

Menggunakan Mesin Diesel
Mobil ini menggunakan mesin Duramax Diesel 6.500 cc. Selain karena daya tahannya, mesin diesel juga memiliki volatilitas rendah sehingga mengurangi risiko meledak. Bahan bakar diesel pun dapat dengan mudah diperoleh di setiap negara yang Obama kunjungi. Karena mobil ini selalu dibawa oleh Gedung Putih kemana pun Obama berkunjung.

Kecepatannya Lambat
Dengan bobot hampir 10 ton, The Beast memiliki gerak sangat lambat. Akselerasi untuk mencapai kecepatan maksimumnya pada 96 km/jam membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Rasio bahan bakarnya cukup boros, yakni satu galon untuk jarak 8 mil .

Memiliki Pesawat Pengangkut Sendiri
The Secret Service, Dinas Rahasia AS menggunakan pesawat pengangkut Globemaster C-17 untuk mengangkut The Beast, beberapa limousin lain dan kendaraan komunikasi berlapis baja Chevrolet Suburban setiap saat ketika Presiden bepergian.

Kendaraan Lapis Baja Terbaik di Dunia
Mungkin tidak ada kendaraan berlapis baja terbaik selain limousin ini. The Beast menggunakan delapan lapis pelat baja setebal 8 inci dan berat pintunya sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Jendela antipeluru memiliki ketebalan lima inci dan lima lapisan untuk meredam ancaman senjata. The Beast juga menggunakan ban Goodyear dengan ukuran seperti ban sebuah bus dan antibocor. Interiornya diklaim dapat menahan serangan kimia. Sementara sebuah busa khusus membungkus tangki bahan bakarnya untuk mengantisipasi kebocoran.

Penuh Peralatan Khusus
Di bagian dalam The Beast terintegrasi berbagai peralatan khusus seperti pemadam kebakaran, tangki oksigen, tabung gas air mata, senapan, peluncur granat. The Secret Service pasti telah belajar banyak dari penembakan Presiden John F Kennedy langsung di mobil kepresidenannya.

Cukup untuk Tujuh Penumpang.
The Beast memiliki tiga penumpang utama yaitu supir, satu agen pelindung rahasia di kursi penumpang depan dan juga Presiden Obama. Empat kursi tambahan di bagian belakang digunakan untuk tempat presiden dan para tamunya, beserta meja lipat sebagai pemisah.

Bukan Satu-satunya Limousin Kepresidanan
Limousin lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama juga disiapkan untuk menerima pejabat asing dan tamu VIP ketika mereka berada di Washington DC. Limousin lain juga digunakan ketika Obama tengah melakukan perjalanan yang dianggap riskan. Dengan dua limousin dalam satu rombongan, tentunya teroris pun akan bingung mobil mana yang sebenarnya ditumpangi presiden.

Menggunakan Plat Nomor Spesial
Tahun ini, dalam langkah yang dimotivasi secara politik, Presiden Obama memilih menggunakan plat nomor 800 002. Gedung Putih mengatakan bahwa keputusan tersebut menunjukkan penghargaan Obama terhadap masyarakat di Washington DC atas dukungan mereka untuk memperjuangkan hak suara, pemerintahan, dan anggaran otonomi.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar