Tips Aman Melakukan Perjalanan Malam dengan Mobil

Diposting oleh Admin

Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan kendaraan sendiri dan  melakukan perjalanan tersebut di malam hari. Nah, ada beberapa bekal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara.
1. Bersihkan kaca, terutama jika kadar jamur yang menempel sudah cukup banyak apalagi di depan. Terlebih saat ini curah hujan sedang tinggi. Karena kondisi kaca berjamur yang terkena air dapat menghalangi pandangan akibat bias cahaya. Utamanya saat mendapat sorotan lampu baik dari mobil yang berlawanan arah maupun instalasi penerangan jalan.

2. Sesuaikan setelan lampu dengan standar pabrik. Jika sudah terlanjur dikutak-katik ada baiknya bawa ke bengkel resmi untuk minta dikembalikan ke posisi semula. Hal tersebut penting dilakukan karena bisa mempengaruhi jangkauan penyinaran lampu secara optimal.

3. Tidak dianjurkan menggunakan bohlam aksesoris (bukan rujukan pabrik). Apalagi menggunakan HID karena akan menimbulkan pantulan cahaya saat hujan atau berkabut. Fungsi lampu jadi berlawananan, bukannya menerangi tetapi menyilaukan.
4. Jika oli transmisi dan mesin  sudah mendekati dikuras, seumpama perjalanan jauh, sebaiknya diganti baru.

5. Periksa kondisi ban serep. Ada beberapa peralatan pendukung yang perlu dibawa seperti senter, sekring dan plas chamois.

6. Jika terjebak di kemacetan hingga berjam-jam, buka kaca setiap 4 jam sekali. Langkah tersebut berguna sirkulasi agar penumpang selalu mendapatkan udara segar dan tidak teracuni asap knalpot yang mungkin masuk ke dalam kabin.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar