Inilah Cara Honda untuk Mengurangi Bobot Mobil

Diposting oleh Admin

Teknik kelim atau lipatan untuk menyambung dua logam yang berbeda akan mulai digunakan Honda. Kedua logam yang disambung adalah lembaran baja dan aluminium untuk  pintu mobil. Aluminium digunakan sebagai panel pintu bagian luar.

Menurut Honda, teknik ini pertama kali digunakan untuk mobil All-New Acura RLX yang dirakit di Amerika Serikat dan mulai dijual bulan depan. Nantinya, teknik sambungan ini juga akan diadopsi pada model lain. 
Selain, teknik kelim, juga dikembangkan teknologi mencegah korosi (korosi listrik) dan perubahan bentuk termal. Untuk yang terakhir, terjadi karena sifat muat baja dan aluminium yang berbeda. Honda menyebut teknik baru dengan struktur “3D Lock Seam”. 

Teknik penyambung terdiri dari tiga bagian:  

1. Panel pintu dari baja dan aluminium dibentuk menjadi lapisan, kemudian dikelim bersama dua kali
2. Mencegah korosi listrik. Caranya menggunakan baja anti karat khusus untuk panel dalam dengan bentuk baru, untuk memastikan celahnya bisa diisi secara penuh dengan perekat atau adesif
3. Kontrol preubahan bentuk termal, mengadopsi bahan perekat dengan modulus elastik rendah untuk mengoptimalkan posisi ”3D Lock Seam”.

Kelebihan teknik ini, tidak memerlukan las titik (spot) untuk menyambung panel pintu yang menggunakan baja. Teknologi ini juga tidak memerlukan proses khusus untuk jalur perakitan.

Dengan menggunakan aluminium, bobot pintu bisa dikurangi sampai 17 persen dibanding panel baja. Karena bobot berkurang di bagian luar bodi, titik gravitasi bisa difokuskan ke tengah tengah kendaraan. Hasil lainya, stabilitas manuver makin lebih oke. Di samping itu, tentu saja mengirit konsumsi bahan bakar.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar