Tips Agar Mobil Terhindar dari Efek Buruk Banjir Rob

Diposting oleh Admin

Kota-kota besar di Indonesia sebagian saat ini acap kali dilanda banjir rob, atau naiknya air laut ke darat. Salah satu kasus paling mencolok adalah kejadian di Jakarta Utara belum lama ini, yang turut merendam banyak mobil. 

Salah satu komponen penting yang bakal rusak parah saat terendam adalah 'otak kendaraan' alias ECU. Langkah antisipasi saat terkena banjir yang paling mudah dilakukan adalah melepas aki. Karena air merupakan penghantar listrik yang baik. Jadi walau posisi kontak off, tetap saja aki bakal mengalirkan listrik ke ECU. 

Parahnya lagi, air laut yang mengandung garam sifatnya lebih baik sebagai penghantar listrik. ECU jadi seperti orang kesetrum yang kaget. Sehingga komponennya rusak. Bahkan rendaman air laut menyebabkan karat dan rontoknya beberapa komponen pada sirkuit ECU. 

Namun jangan langsung panik, bila terlanjur terendam. ECU sebaiknya dibuka dan bagian sirkuitnya dibersihkan dengan cairan thinner atau bensin. Lalu ditunggu hingga kering. Jika mesin yang tentu saja telah dibereskan menyala normal, maka komponen ECU masih bagus.

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Posting Komentar